surah albaqarah (sapi betina) termasuk surah madaniyah terdiri atas 286 ayat , 3100 kalimat dan 25500 huruf.
tiga golongan manusia dalam menghadapi al quran :
golongan mukmin ayat 1-5
ayat 1
ALIF LAM MIM (AL BAQARAH : 1)
ialah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat alquran seperti alif laam mim, alif laam raa, alif laam mim shod, dan sebagainya. diantara ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada allah karena dipandung termasuk ayat-ayat mutasyabihat seperti asy-sya'bi dan juga segolongan ulama mengatakan bahwa alif lam mim dan huruf - huruf hijaiyah lainnya yang mengawali surah - surah al quran termasuhk ayat mutasyabih yang
hanya allah lah yang mengetahui maknanya .tersebut , merupakan rahasia
alquran .dan kita hanya beriman secara bulat bahwa hal tersebut
kalamullah , sedangkan pengetahuan mengenainya kita serahkan sepenuhnya
kepada allah SWT faedah penyebutannya menuntut kita untuk berima
kepadanya.
allah
SWT mengkhususkan suatu ilmu bagi dirinya yang tidak mampu dicerna oleh
akal para nabi . para nabi pun mempunya suatu ilmu yang khusus bagi
mereka yang tidak mampu dicerna oleh akal para ulama , begitu pula para
ulama mempunyai suatu ilmu yang khusus bagi mereka yang tidak mampu
dicerna oleh akal orang - orang awam.
tetapi ada pula yang menafsirkannya sebagai nama surat dan juga ada yang menafsirkannya supaya agar menarik perhatian dan memperhatikan ayat-ayat alquran bagi yang mendengarkannya dan sebagai isyarat bahwa alquran itu diturunkan dalam bahasa arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad.
sahabat
abu bakar R.A telah mengatakan bahwa di dalam tiap -tiap kitab
terkandung rahasia . adapun rahasia allah dalam alquran adalah permulaan
surah - surahnya.
ayat 2
"kitab alquran ini tidak memiliki keraguan , petunjuk bagi mereka yang bertakwa"
(kitab ini tidak memiliki keraguan didalamnya) yakni kitab yang dibacakan kepadamu oleh rasul-KU , muhammad tidak diragukan lagi bahwa ia diturunkan dari sisi-KU.oleh karena itu , jika kamu tidak beriman kepada kitab-KU ini ,aku akan mengazabmu-
(petunjuk bagi mereka yang bertakwa) yakni rahmat bagi ummat muhammad saw.
AYAT 3

(yaitu) mereka yang beriman keapada yang gaib , yang mendirikan salat , dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka ( al baqarah : 3 )

terdapat
pula pendapat yang menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan al-gaib ialah
kalbu atau hati.maknanya,mereka beriman dengan segenap hati mereka,
tidak seperti orang-orang yang berkata namun tidak sesuai dengan hati
mereka.


yakni
mereka gemar menyedekahkan sebagian dari harta yang telah kami
anugerahkan kepada mereka demi ketaatan kepada allah swt sebagaimana
yang dilakukan abu bakar assidiq dan para sahabatnya.
AYAT 4

DAN
MEREKA YANG BERIMAN KEPADA (KITAB AL-QURAN) YANG TELAH DITURUNKAN
KEPADAMU DAN KITAB - KITAB YANG TELAH DITURUNKAN SEBELUMMU , SERTA
MEREKA YAKIN AKAN ADANYA (KEHIDUPAN) AKHIRAT.( SURAH AL-BAQARAH AYAT 4
)



AYAT 5

MEREKA ITULAH YANG TETAP MENDAPATKAN PETUNJUK DARI TUHAN MEREKA DAN MEREKALAH ORANG - ORANG YANG BERUNTUNG.( AL-BAQARAH : 5)



golongan kafir ayat 6-7
ayat ke 6
SESUNGGUHNYA BAGI ORANG-ORANG KAFIR SAMA SAJA, KAMU BERI PERINGATAN ATAUPUN TIDAK, MEREKA TIDAK AKAN BERIMAN. (AL-BAQARAH : 6 )
orang-orang
yang dalam ilmu allah ditakdirkan kafir, jika engkau beri peringatan
dengan al-quran atau tidak, akan tetap tidak mau beriman kepada yang
engkau sampaikan, oleh karena, janganlah engkau, hai mahkluk yang paling
mulia, terlalu berharap akan keimanan mereka. selanjutnya, allah swt
menyebutkan penyebab mereka tetap tidak mau beriman melalui ayat
berikutnya yaitu pada ayat 7 surah al-baqarah.
ayat ke 7
ayat ke 7
allah
telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka
ditutup.bagi mereka siksa yang amat berat.(surah al baqarah ayat 7)
(allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka) yakni hati
mereka telah dikunci mati hati mereka oleh alla swt, sehingga iman tidak
dapat menembusnya.begitu pula pendengaran mereka. oleh karena itu
mereka tidak dapat mengambil manfaat,dari kebenaran yang mereka dengar.
as-sam'u atau pendengar di ungkapkan dalam bentuk tunggal karena subjek
yang didengar adalah sama yaitu suara.
( dan penglihatan mereka ditutup) kalimat ini terdiri atas mubtada dan
khabar,yakni pada penglihatan mereka terdapat penutup dari sisi
allah.oleh karena itu,mereka tidak dapat melihat kebenaran.
(bagi mereka siksa yang amat berat) yakni siksaan bagi mereka sangat
keras di akhirat nanti.mereka adalah pemimpin-pemimpin yahudi yang ciri
khas mereka di sebutkan oleh allah swt bahwa mereka menyembunyikan
kebenaran,padahal mereka mengetahui.sebagaimana yang dilakukan oleh ka'b
ibnu asyraf ,huyay ibnu akhtab, dan jaddi ibnu akhtab.
(di antara
manusia ada yang mengatakan,”kami beriman”) dalam hati kami.
(kepada
allah dan hari kemudian ) yakni kepada hari berbangkit sesudah mati yang
sesudahnya dilakukan pembalasan terhadap seluruh amal perbuatan
(mereka
hendak menipu allah) yakni mereka mendustakan nya dalam hati mereka
(dan orang-orang
yang beriman) seperti abu bakar dan sahabat-sahabat nabi muhammad saw lainnya
(padahal mereka tidak menipu) yakni tidak mendustakan -
(kecuali diri mereka sendiri) kalimat ini merupakan jumlah hal atau keterangan keadaan dari damir atau
kata ganti yang ada didalam lafal yukhadiuna , yakni mereka melakukan
sesuatu , padahal mereka menimpakan mudarat selain terhadap diri meraka
sendiri sebab akibat dari perbuatan mereka itu hanya menimpa diri mereka
sendiri (senjata makan tuan).
(tanpa mereka sadari) bahwa allah memperlihatkan kepada nabinya kedustaan mereka.
(dalam hati mereka terdapat penyakit) yakni berupa keraguan dan kegelapan -
(lalu allah menambahkan penyakitnya) yakni keraguan dan kegelapannya melalui alquran yang diturunkannya dan sikap menentang mereka semakin bertambah -
(dan bagi mereka siksa yang pedih) yakni siksaan bagi mereka amat menyakitkan di akhirat kelak yang rasa sakitnya sampai menembus kedalam hati mereka
(disebabkan mereka berdusta.)
nafi',ibnu katsir,abu'amr,dan ibnu 'amir membacanya dengan memakai
tasydid yakni yukazzibun,artinya disebabkan mereka mendustakan nabi
SAW,adapun ulama lainnya membacanya dengan meringankan zal tanpa tasydid
artinya karena mereka berdusta dalam ucapan mereka yang mengatakan ("kami beriman dalam hati kami") . "mereka" yang di maksudkan dalam ayat ini , yaitu orang-orang seperti ' abdullah ibnu abu wajd ibnu qais,dan mu'thib ibnu qusyair.
(DAN BILA DIKATAKAN KEPADA MEREKA) yakni kepada orang-orang munafik itu .
(JANGANLAH KAMU MEMBUAT KERUSAKAN DI MUKA BUMI) dengan menghalang-halangi manusia dari agama nabi muhammad SAW.
( MEREKA MENJAWAB , " SESUNGGUHNYA KAMI ORANG-ORANG YANG MENGADAKAN PERBAIKAN ) sesungguhnya mereka mengatakan demikian tiada lain karena memandang kerusakan itu sebagai perbaikan .hal itu disebabkan oleh hati mereka sakit atau dalam hati mereka terdapat penyakit . lalu allah SWT menyanggah ucapan mereka dengan tolakan yang keras melalui firman berikutnya
– ( sesungguhnya
merekalah yang berbuat kerusakan ) di muka bumi karena menghalang-halangi
manusia dari memeluk agam nabi SAW
( tetapi mereka tidak menyadari )
bahwa allah memperlihatkan kepada nabinya kerusakan mereka .



menurut
pendepat lain disebutkan mereka adalah orang-orang musyrik
mekkah.seperti utbah,syaibah,al walid ibnul mughirah,dan abu jahal.
surah al baqarah ayat 8-20 menceritakan perihal orang-orang munafiqun :
Di antara manusia
ada yang mengatakan,”kami beriman kepada allah dan hari kemudian,” padahal
mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. ( al-baqarah:8)


(
padahal mereka sesungguhnya bukan orang yang beriman ) dengan hati mereka.

Mereka hendak
menipu allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka menipu dirinya sendiri
tanpa mereka sadari.(al-baqarah : 9)




asim,ibnu
amir hamzah,dan al kisai membacanya , yakhdauna ,dengan ya yang di
fathahkan , kha di sukun kan , dan dal di kasrah kan adapun yang lainnya
membacanya dengan ya yang di dammahkan , kha di fathahkan , serta di
baca panjang , dan dal yang di kasrahkan hingga menjadi yukhadiuna .
akan tetapi , tidak ada perbedaan dalam pembacaan firmannya
yukhadiunallaha , semuanya membaca dengan ya yang di dhammahkan , kha di
fathahkan ,disertai dengan alif sesudahnya dan dal yang di kasrahkan ,
adapun menurut rasam usmani , kedua-duanya tidak memakai alif ssudah
kha


dalam
hati mereka terdapat penyakit,lalu allah menambahkan penyakitnya,dan
bagi mereka siksa yang pedih , disebabkan mereka berdusta.
(al-baqarah:10)




AYAT 11

DAN BILA DIKATAKAN KEPADA MEREKA , " JANGANLAH KAMU MEMBUAT KERUSAKAN DI MUKA BUMI," MEREKA MENJAWAB , " SESUNGGUHNYA KAMI ORANG-ORANG YANG MENGADAKAN PERBAIKAN," ( al baqarah : 11 )



AYAT 12
“ INGATLAH , SESUNGGUHNYA MEREKALAH YANG BERBUAT
KERUSAKAN , TETAPI MEREKA TIDAK MENYADARI . ( SURAH AL BAQARAH : 12 )


0 komentar:
Post a Comment