Perhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

Thursday, May 10, 2018

TAFSIR SURAH ALFATIHAH

surat al fatihah surat ini disebut begitu karena menjadi pembuka dan dimulainya alquran,surah ini juga disebut sebagai ummul quran atau disebut juga as sab'ul matsani



 TERJEMAH SURAH AL FATIHAH / Subtitles Al-Fatiha

1. DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG.
1.In the name of Allah , the Entirely Merciful, the Especially Merciful.

2. SEGALA PUJI BAGI ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM
2.[All] praise is [due] to Allah , Lord of the worlds 

3.yang maha pengasih lagi maha penyayang
3.The Entirely Merciful, the Especially Merciful,

4. PEMILIK HARI PEMBALASAN
4. Sovereign of the Day of Recompense.

5. "HANYA KEPADA MU LAH KAMI MENYEMBAH DAN HANYA KEPADA MU LAH KAMI MEMOHON PERTOLONGAN."
5. It is You we worship and You we ask for help.

6. "TUNJUKKANLAH KAMI JALAN YANG BENAR
6. Guide us to the straight path -

7."(YAITU) JALAN ORANG - ORANG YANG ENGKAU ANUGERAHKAN NIKMAT KEPADANYA ; BUKAN (JALAN) MEREKA YANG DIMURKAI DAN BUKAN PULA (JALAN MEREKA) YANG SESAT" 
7.The path of those upon whom You have bestowed favor, not of those who have evoked [Your] anger or of those who are astray.

TAFSIR SURAH AL FATIHAH

  tafsir surah al faihah :


firman allah s.w.t dalam ayat ketujuh surah al fatihah disebutkan :
 

yaitu jalan orang-orang yang engkau beri nikmat kepadanya.(al-fatihah ayat 7).hingga akhir surah 

jika basmalah dianggap sebagai salah satu ayatnya,namun jika basmalah tidak dianggap salah satu ayatnya,maka ayat yang ke tujuh adalah fiman allah s.w.t :

 bukan jalan mereka yang dimurkai.(al-fatihah:7),hingga akhir surah

surah alfatihah mengandung 4 macam ilmu salah satunya ilmu usul atau ilmu-ilmu agama yang pokok.masalah uluhiyat terkandung didalam fimannya  alhamdulillahirobbil alamin,arrohmanirohim.masalah nubuwwat terkandung didalam firman allah s.w.t allazina an amta alaihim sedangkan masalah akhirat terkandung didalam firmannya malikiyaumiddin.
hal yang kedua ,ialah ilmu furu atau ilmu-ilmu cabang. yang paling besar adalah masalah ibadah,yang terangkum kedalam dua hal,yaitu ibadah maliyah dan ibadah badaniyah.keduanya berkaitan erat dengan urusan penghidupan yang menyangkut masalah muamalat dan munakahat.hal tersebut menuntut adanya hukum-hukum yang mengaturnya sesuai dengan perintah-perintah dan larang yang ada.
hal yang ketiga adalah ilmu untuk meraih kesempurnaan,yaitu ilmu akhlak.salah satunya ialah beristiqomah menempuh jalan yang lurus.hal ini di isyaratkan oleh allah s..w.t melalui firmannya iyya ka nas tain.ada pun semua syariat disimpulkan di dalam firmannya sirotol mustaqim.
hal yang ke empat ialah ilmu mengenai kisah-kisah dan berita-berita tentang umat-umat yang terdahul.orang-orang yang berbahagia bersama nabi dan lain-lainnya tersimpulkan didalam firmannya : allazina an amta alaihim sedangkan orang-orang yang celaka dari kalangan orang-orang kafir tersimpulkan didalm firmannya ghairil magdubi alaihim walad dhollin.
DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG.(ALFATIHAH:1)

huruf ba yang mengawalinya adalah Baha'ullah yang artinya ke indahan allah,huruf sin adalah Sana'ullahi yang artinya ketinggian allah,sehingga tiada yang lebih tinggi dari NYA,huruf mim adalah Mulkullahi artinya kerajaan NYA , dia maha kuasa atas segala sesuatu.
ba merupakan permulaan isim-NYA bari'un dan basirun yakni yang menciptakan dan maha melihat,sin permulaan isimnya yaitu samiun yang artinya maha mendengar , mim permulaan isimnya majidun dan maliku yakni maha pemurah dan maha kuasa , alif yang permulaan isimnya yang menyebutkan allah , lam yang permulaan isimnya yang menyebut latief yakni maha lembut , ha permulaan isimnya yang menyebut hadi yang artinya maha pemberi petunjuk, ra permulaan isimnya yang menyebut razzaq yakni yang maha pemberi rezeki , ha permulaan isimnya yang menyebut halim artinya maha penyantun , nun permulaan isimnya yang menyebut nafi dan nur yakni yang memberi manfaat dan cahaya.
dan juga dapat ditafsirkan : saya memulai membaca alfatihah ini dengan menyebut nama allah , tiap-tiap pekerjaan yang baik itu hendaknya dimulai dengan menyebut nama allah. seperti makan , minum , menyembelih binatang untuk dimakan atau sebagainya. ALLAH  ialah nama tuhan yang maha suci , yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya yang tidak membutuhkan mahkluknya tetapi mahkluk itul ah yang membutuhkannya. AR-RAHMAN artinya yang maha pemurah salah satu dari nama allah , yang memberi pengertian bahwa allah melimpahkan karunianya kepada makhluknya sedang AR-RAHIM artinya maha penyayang memberi pengertian bahwa allah senantiasa bersifat rahmat yang menyebabkan allah selalu melimpahkan rahmatnya kepada mahkluknya.

                                    SEGALA PUJI BAGI ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM
( SEGALA PUJI BAGI ALLAH ) dan segala syukur kepada allah atas nikmat nikmatnya yang berlimpah kepada hamba hambanya karena dia telah memberi petunjuk kepada keimanan kepada mereka. kita menghadapkan segala puji bagi allah ialah karena allah adalah sumber dari segala kebaikan yang patut dipuji.
( TUHAN SEMESTA ALAM ) yakni yang menciptakan makhluk , yang memberi mereka rezeki , dan yang mengalihkan kepada mereka dari suatu keadaan kepada keadaan yang lain, juga disifati mendidik dan memelihara. lafadz rabb tidak dapat dipakai selain untuk tuhan kecuali kalau ada sambungannya.

                                                                              
yang maha pengasih lagi maha penyayang ( al fatihah : 3 )

( yang maha pengasih ) baik kepada orang yang bertakwa maupun kepada orang yang durhaka dengan tetap memberi mereka rezeki dan menghindarkan mereka dari bencana.
 ( maha penyayang ) yakni yang mengampuni dosa dosa mereka di dunia dan menyayangi mereka diakhirat dengan memasukan mereka kedalam surga.

PEMILIK HARI PEMBALASAN (ALFATIHAH:4)

dibaca dengan menetapkan alif menurut qiraat asim , qisai ,dan ya'qub, artinya dialah yang mengatur dan menguasai semua urusan pada hari kiamat nanti.sebagaimana yang disebutkan dalam ayat lainnya melalui firmannya :
(YAITU) PADA HARI (KETIKA) SESEORANG SAMA SEKALI TIDAK BERDAYA MENOLONG ORANG LAIN.DAN SEGALA URUSAN PADA HARI ITU DALAM KEKUASAAN ALLAH.(AL INFITAR:19)

adapun menurut qiraat lainnya dibaca dengan mebuang alif maliki , yang artinya dialah yang merajai segala urusan pada hari kiamat dengan perintah dan larangannya.

"HANYA KEPADA MU LAH KAMI MENYEMBAH DAN HANYA KEPADA MU LAH KAMI MEMOHON PERTOLONGAN."

(HANYA KEPADA MU LAH KAMI MENYEMBAH) yakni kami tidak menyembah apapun selain engkau 
(DAN HANYA KEPADA MU LAH KAMI MEMOHON PERTOLONGAN)yakni hanya kepada mu lah kami memohon pertolongan untuk beribadah dan tiada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat kecuali dengan pemeliharaan mu , serta tiada kekuatan untuk melakukan keta atan kecuali berkat taufik dan pertolongan mu.

"TUNJUKKANLAH KAMI JALAN YANG BENAR.(AL FATIHAH:6)

tambahkanlah hidayah kepada kami untuk memeluk agama islam atau kekalkanlah hidayah kepada kami untuk berpegang teguh kepada agama islam
"(YAITU) JALAN ORANG - ORANG YANG ENGKAU ANUGERAHKAN NIKMAT KEPADANYA ; BUKAN (JALAN) MEREKA YANG DIMURKAI DAN BUKAN PULA (JALAN MEREKA) YANG SESAT"

(YAITU JALAN ORANG - ORANG YANG ENGKAU ANUGERAHKAN NIKMAT KEPADANYA ) yakni agama orang - orang yang telah engkau anugerahkan agama yang hak kepada mereka dari kalangan para nabi , para siddiqin , para syuhada , dan orang - orang yang saleh
(BUKAN JALAN ORANG - ORANG YANG DIMURKAI),yakni bukan agama orang - orang yahudi yang engkau murkai 
(DAN BUKAN PULA JALAN MEREKA YANG SESAT) yakni bukan agama nasrani yang sesat, maksudnya agama orang - orang yang sesat dari islam.

terdapat suatu pendapat yang menyebutkan bahwa orang - orang yang dimurkai itu adalah orang - orang kafir , sedangkan orang - orang yang sesat , mereka adalah orang - orang munafik . karena ALLAH S.W.T menyebutkan perihal orang - orang mukmin dalam empat ayat awal surah al baqarah , kemudian menyebutkan perihal orang - orang kafir dalam dua ayat dan menyebutkan orang - orang munafik dalam tiga belas ayat nya .

disunnahkan bagi pembaca seusai membaca surah al fatihah ini membaca kalimat amin , kalimat isim yang bermakna fi'il artinya kabulkanlah atau perkenankanlah
surat al fatihah ini melengkapi unsur – unsur pokok syariat islam,kemudian dijelaskan perinciannya oleh ayat-ayat alqur’an yang 113 surat berikutnya persesuaian surat ini dengan surah al baqarah dan surat-surat sesudahnya ialah surat al fatihah merupakan titik pembahasan yang akan diperinci dalam surat al baqarah dan surat-surat yang sesudahnya.
Dibagian surat al fatihah disebutkan permohonan hamba supaya di beri petunjuk oleh tuhan ke jalan yang lurus , sedang surat al baqarah dimulai dengan penunjukan al kitab al quran yang sempurna sebagai pedoman menuju jalan yang di maksudkan itu.

surat al fatihah ini memuat unsur-unsur pokok syariat islam ,dan kemudian dijelaskan oleh ayat-ayat dan surat-surat yang lainnya oleh alquran yang jumlahnya 113 surat berikutnya.
persesuaian surat ini dengan surat al baqarah dan surat-surat sesudahnya ialah surat alfatihah merupakan titik-titik pembahasan yang akan diperinci dalam surat al baqarah dan surat-surat yang sesudahnya.
do bahagian akhir surta al fatihah disebutkan permohonan hamba supaya diberi petunjuk oleh allah ke jalan yang lurus sedang surat al baqarah dimulai dengan penunjukan al quran yang sempurna sebagai pedoman menuju jalan yang dimaksudkan itu.



0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html